Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)

STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS THE LODGE MARIBAYA LEMBANG KOTA BANDUNG SEBAGAI DESTINASI

Najmi, Arnesa Aynun (Unknown)
Hafiar, Hanny (Unknown)
Perbawasari, Susie (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua sektor usaha, terutama sektor pariwisata. Ketika transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi era new normal dimana destinasi pariwisata mulai kembali beroperasi. Para pelaku usaha harus menyusun strategi agar tetap bertahan menghadapi persaingan bisnis di masa pandemi. Hal ini pula yang dilakukan oleh The Lodge Maribaya (TLM)melalu istrategi marketing public relations.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi MPR yang dilakukan oleh The Lodge Maribaya dalam menghadapi persaingan bisnis wisata yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan promosi yang dilakukan oleh TLM meliputi publikasi, event, media visit, radio interview,seminar CSR dan Charity. Kegiatan tersebut sejalan dengan three ways strategy yang dikemukakan oleh Thomas L Harris meliputi push, pull, dan pass strategy. Strategi tersebut digunakan oleh TLM dalam menghadapi bisnis wisata yang kompetitif. Saran dari peneliti, sebaiknya TLM dapat menentukan tujuan dan target sasaran secara lebih spesifik. Riset dan evaluasi dalam penentuan target sasaran di setiap strategi perlu dilakukan secara spesifik agar pesan yang ingin disampaikan sesuai sasaran dan memenuhi target. Selain itu, lebih mengeksplor taktik yang dapat dilakukan sehingga kegiatan perusahaan menjadi lebih bervariasi. Kata-kata Kunci: Marketing Public Relations, The Lodge Maribaya, Pariwisata, Ecowisata

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...