Journal of Education Research
Vol. 2 No. 4 (2021): December 2021

Penerapan Layanan Klasikal Terhadap Kemandirian dalam Perencanaan Memilih Karir Peserta Didik

Silvia Mayang Sari (Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat)
Joni Adison (Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat)
Suryadi Suryadi (Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada peserta didik yang belum memahami tentang karir, masih ada peserta didik yang belum peduli dengan karir, masih ada peserta didik yang belum bisa memilih karir, masih ada peserta didik yang belum mengetahui potensinya. Mendeskripsikan pemilihan karir berdasarkan kepercayaan diri, mendeskripsikan pemilihan karir berdasarkan tanggung jawab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 102 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling sebanyak 51 sampel peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis  data menggunakan interval skor. Hasil penelitian tentang penerapan layanan klasikal terhadap kemandirian dalam perencanaan memilih karir di SMA N 4 Pariaman yaitu 1) secara keseluruhan berada pada kategori tinggi 2) indikator percaya diri berada pada kategori tinggi 3) indikator tanggung jawab berada pada kategori tinggi 4) indikator mengarahkan dan mengembangkan diri berada pada kategori tinggi 5)  pada indikator tekun, inisiatif dan kreatif berada pada kategori tinggi 6) indikator berkeinginan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat lebih meningkatkan kemandirian dalam perencanaan memilih karir untuk masa depan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...