JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 1: April 2022

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model PBL Untuk Memfasilitasi KPMM Materi SPLTV

Afifahtunnisak Afifahtunnisak (Unknown)
Yenita Roza (Pendidikan Matematika, Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Pendidikan Matematika, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini terdiri dari empat tahap penelitian pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Validitas perangkat pembelajaran dinilai berdasarkan hasil validasi ahli. Praktikalitas perangkat pembelajaran dinilai berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil terhadap 6 orang peserta didik. Subjek ujicoba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 2 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Hasil validasi silabus, RPP dan LKPD menunjukan kriteria sangat valid dengan rata nilai validasi secara berurutan yaitu 3,67, 3,66, 3,71. Hasil ujicoba terhadap LKPD menunjukan kriteria sangat praktis dengan nilai 3,69. Penelitian ini menghasilkan produk berupa silabus, RPP, dan LKPD model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan kategori sangat valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...