Jurnal of Applied Business and Banking (JABB)
Vol 3, No 1 (2022): Maret

STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KELOR PT TRI UTAMI JAYA UNTUK MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL

Reni Anggriani (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Abdurrahman Abdurrahman (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Alfian Eikman (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Perdagangan internasional merupakan suatu tantangan bagi sebuah perusahaan. Dengan pasar yang begitu luas maka tingkat persaingan juga semakin besar. Perkembangan jaman dan teknologi yang sangat pesat cukup untuk mempermudah transaksi perdagangan lintas Negara. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh perusahaan lokal baik perusahaan , menengah dan juga perusahan besar di Indonesia yang sudah cukup matang untuk ekspansi ke luar negeri. Apabila kegiatan ekspor-impor yang dilakukan dapat membatu pemerintah untuk menambah devisa Negara. CV. Tri Utami Jaya merupakan salah satu UKM yang sudah memasuki pasar luar negeri, perusahaan ini sudah mengirim di berbagai Negara contohnya seperti Taiwan , korea, jepang , hongkong, malaysa singapure dan Negara-negara lainnya.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan UKM industri kelor PT. Tri Utami jaya untuk menembus pasar internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati, tekhik pengumpulan data di lakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan cara , pengumpulan informasi, redaksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan .Hasil penelitian ini menunjukan UKM indusrti kelor PT Tri Utami Jaya  menggunakan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran (marketing mix)  berupa  4 elemen , seperti strategi produk, strategi harga, strategi, distribusi atau tempat dan strategi promosi . UKM  Industri kelor juga menggunakan negosiasi dengan calon pembeli untuk memasuki  pasar internasional dengan khasiat dan langkahnya produk kelor  dan  dengan memanfaatkan  bantuan dari pemerintah melalui dinas perindusrtian dan perdagangan (Disperindag)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JABB

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Manajamen Pemasaran Manajemen Operasi Manajemen SDM Manajemen Keuangan Manajemen Strategis Manajemen Sistem Informasi Manajemen Sistem Bisnis Leadership Sistem Bisnis Etika Bisnis Hukum Bisnis Entrepreneurship Administrasi Bisnis Pada UMKM Administrasi Bisnis Administrasi Bisnis ...