Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

ANALISIS HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA

Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)
Vicran Zharvan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan logis matematis dan kemapuan menginterpretasi grafik kinematika serta hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan interpretasi grafik kinematika mahasiswa baru Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021.  Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa baru Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2021. Sampel yang digunakan berjumlah 110 orang yang ditentukan dengan pertimbangan tertentu. Pengukuran terhadap kecerdasan logis matematis dan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika menggunakan instrumen tes kecerdasan logis matematika dalam bentuk ganda sebanyak 20 soal dan Test of Understanding Graph – Kinematics versi 4.0 sebanyak 26 soal. Data penelitian diolah dengan stastik deskriptif, regresi linier sederhana dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kecerdasan logis matematis mahasiswa baru Jurusan Fisika FMIPA UNM Angkatan 2021 berada pada kategori tinggi dan rata-rata skor kemampuan menginterpretasi grafik kinematika berada pada kategori rendah. Hasil analisis korelasi product moment pada taraf  nyata α = 0,05  menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika.

Copyrights © 2022