Inovasi Kurikulum
Vol 19, No 2 (2022): Inovasi Kurikulum, August 2022

Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika

Vian Tri Hadiat Moko (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Hasil belajar menjadi hal yang penting untuk siswa sekolah dasar. Salah satu indicator yang menentukan tercapai tidaknya suatu tujuan belajar adalah hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang bangun ruang dengan menggunakan model Discovery learning di Sekolah Dasar Negeri 3 Rejamulya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 3 Rejamulya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas lima sekolah dasar. Teknik pengumpulan data mengaplikasikan teknik observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Validitas data mengaplikasikan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data mengaplikasikan tahap mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil belajar matematika siswa tentang materi bangun ruang mengalami peningkatan setelah menggunakan model discovery learning dengan kenaikan persentase ketuntasan sebesar sepuluh koma tiga belas persen dari persentase siklus I sebesar tujuh puluh sembilan koma sembilan belas menjadi delapan puluh sembilan koma tiga puluh dua persen pada siklus II. Secara implikasi, pengimplementasian model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika dan dapat digunakan oleh guru sebagai alternative model pembelajaran inovatif pada pembelajaran matematika.Kata Kunci: model discovery learning , hasil belajar, matematika AbstractLearning outcomes are important for elementary school students. One indicator that determines whether or not a learning goal is achieved is learning outcomes. This study aims to improve students' mathematics learning outcomes about building space using the Discovery learning model at the State Elementary School 3 Rejamulya. The method used in this research is classroom action research conducted in two cycles. This research was conducted at the State Elementary School 3 Rejamulya. The subjects of this study were fifth grade elementary school students. Data collection techniques apply observation, interviews, tests, and document studies. Data validity applies source and technique triangulation. Data analysis techniques apply the stages of reducing data, presenting data, and making conclusions. The results showed that the students' mathematics learning outcomes on geometrical material increased after using the Discovery learning model with an increase in the percentage of completeness by ten point thirteen percent from the percentage in the first cycle of seventy nine point nineteen percent to eighty nine point thirty two percent in the second cycle. By implication, the implementation of the discovery learning model is able to improve mathematics learning outcomes and can be used by teachers as an alternative innovative learning model in mathematics learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

curriculum development; curriculum design; curriculum implementation; curriculum evaluation; instructional development; model of instructional; media of instructional; evaluation of ...