Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 1 (2022)

Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Pemahaman Konsep

Sumargiyani Sumargiyani (Ahmad Dahlan University)
Muhammad Asrori Ainurrahman (Universitas Negeri Yogyakarta)
Bidayatun Nafi'ah (Ahmad Dahlan University)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran berbentuk video kalkulus integral berbasis pemahaman konsep. Data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan melaluiĀ  google form yang diisi sebanyak 26 responden, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek yang diteliti mencakup : 1) Kesesuaian tujuan pembelajaran dengan RPS, 2) Materi yang ada di kalkulus integral, 3) Bahan ajar yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dan 4) Bentuk media pembelajaran yang diperlukan mahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) Semua tujuan pembelajaran kalkulus integral sudah sesuai dengan RPS; 2) Materi yang termuat di kalkulus integral mencakup integral, teknik pengintegralan dan aplikasi integral; dan 3) Mahasiswa membutuhkan media pembelajaran berbentuk video yang dapat digunakan sebagai penunjang slide PPT dan buku acuan poko, dan 4) Bentuk video yang diinginkan untuk memahamkan konsep dengan durasi antara 5 hingga 10 menit per part.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...