Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
Vol. 4 No. 2 (2022): Maret

Strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Upaya Perbaikan Citra Melalui Program CSR

Novaldi Hawali (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Popi Andiyansari (Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Berdasarkan data pada tahun 2015, PT Krakatau Steel dalam kegiatannya mempunyai 5 sektor bidang UKM dan 6 kegiatan CSR pada bidang Bina Lingkungan. Ihat Sulihat (Muhit) merupakan Mitra Binaan unggulan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang sukses berkat CSR PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada tahun 1997. Fenomena tersebut kemudian kembali dipublikasikan oleh Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam upaya perbaikan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam memanfaatkan CSR Mitra Binaan Sektor Peternakan UKM Bebek Ihat Sulihat sebagai upaya dalam perbaikan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model audit sosial kehumasan untuk menggali informasi secara rinci, lengkap, dan mendalam melalui wawancara.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha Ihat Sulihat yang kini sukses berkat CSR yang dilakukan oleh PT KS pada tahun 1997. Divisi Corcom PT KS kembali melakukan publikasi CSR Ihat Sulihat karena pertengahan 2019 PT KS diterpa permasalahan terkait perusahaan. Pemberitaan Ihat Sulihat kemudian dipublikasi oleh Divisi Corcom PT KS melalui media internal dan eskternal yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menanamkan persepsi positif dipublik internal dan eskternal PT KS.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pikma

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam ...