JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 2 (2022): April

PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN SISWA MELALUI PRAKTIKUM HUKUM KIRCHOFF DI MADRASAH TSANAWIYAH

Syarifah Muthia Putri (Teknik Elektro, Universitas Medan Area)
Fadhila Azmi (Teknik Elektro, Universitas Medan Area,)
Nurul Khairina (Teknik Informatika, Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang paling utama di dalam kehidupan manusia saat ini. Pengenalan terkait dengan kelistrikan penting diberikan kepada siswa/i sejak di tingkat menengah pertama agar menimbulkan pemahaman terkait kelistrikan yang digunakan sehari-hari. Teori listrik yang didasari oleh Hukum Kirchoff 1 dan 2 dapat digunakan untuk mengetahui parameter kelistrikan di dalam sebuah rangkaian listrik. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim pengabdian melakukan pengenalan media praktikum Hukum Kirchoff 1 dan 2 yang dilakukan dengan metode pengajaran teori dan penggunaan media praktikum sebagai percobaan secara langsung pada rangkaian listrik. Sehingga dapat memberikan pemahaman secara teori dan praktek kepada siswa/i. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan pada sekolah MTs Parmiyatu Wassa’adah dengan tim yang terdiri dari 3 (tiga) dosen, 2 (dua) mahasiswa, dan 32 siswa/i MTs. Evaluasi hasil kegiatan dilakukan dengan menyebarkan angket instrumen evaluasi kegiatan yang terdiri dari 7 (tujuh) pernyataan. Adapun hasil rekapitulasi angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa/i telah setuju mendapatkan pelatihan tentang Hukum Kirchoff 1 dan 2 secara teori dan praktek yang dapat dipahami dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil angket bahwa terdapat 66% siswa sangat setuju, 26% siswa setuju, 9% siswa kurang setuju, dan 0% siswa tidak setuju. Sehingga melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, siswa/i mendapatkan pengalaman yang baik dalam meningkatkan pemahaman terkait Hukum Kirchoff 1 dan 2.Abstract: Electricity is one of the most important requirement in human life today. An introduction related to electricity is important given to students from the junior high school level in order to generate an understanding of electricity that is used daily. Electrical theory based on Kirchoff’s Law 1 and 2 can be used to determine the electrical parameters in an electrical circuit. In this community service activity, the team introduced the Kirchoff’s Law 1 and 2 which was carried out using theoretical teaching methods and the utilization of practicum media as direct experiments on electrical circuits. Furthermore, it can provide theoretical and practical understanding to students. This community service activity was implemented at MTs Parmiyatu Wassa’adah school with a team consisting of 3 (three) lecturers, 2 (two) college student, and 32 MTs students. Evaluation of the results on that activities is carried out by distributing a questionnaire of activity evaluation instruments which consist of 7 (seven) statements. The result of the questionnaire recapitulation indicate that most students have agreed to receive training on Kirchoff’s Law 1 and 2 in theory and practice which can be understood well. This can be seen from the results of the questionnaire that there are 66% of students strongly agree, 26% of students agree, 9% of students weakly agree, and 0% students disagree. So that through this community service activity, students get a good experience in increasing understanding related to Kirchoff’s Law 1 and 2. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...