Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 5, No 1 (2022): April

Pengembangan Mind Mapping Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V

Swari, Ni Putu Pradnya (Unknown)
Manuaba, Ida Bagus Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran. Hal ini tentu memberikan dampak bagi guru maupun siswa. Guru dalam hal ini akan dipersulit dalam menyampaikan materi ajar yang hendak disampaikan, dan begitu juga dengan siswa yang sulit mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media mind mapping berbasis problem based learning (PBL). Penellitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek yang digunakan dalam penellitian yaitu diantaranya ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan wawancara dengan menggunakan lembar kuesioner dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Rancang bangun media mind mapping terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. (2) Media mind mapping dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil review ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase 90,9% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran dengan perolehan persentase 84,61% kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase 86,67% dengan kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh persentase 88,54% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media mind mapping berbasis problem based learning layak digunakan di sekolah dasar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...