Dampak virus COVID-19 sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Adanya virus ini berdampak pada berbagai sektor yaitu sektor pariwisata, sosial, ekonomi, dan juga pendidikan. Kegiatan belajar nmengajarpun terjadi dengan sistem dalam jaringan(daring). Dengan menggunakan beberapa platform seperti WhatsApp, Googlemeet, Zoom, Classroom dan masih banyak media lain yang dapat menjadi tempat belajar jarak jauh. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana penilaian sikap spiritual dan sosial pada masa COVID-19, hal ini berlandaskan masalah bahwa penilaian sikap dilakukuan melalui pengamatan peserta didik di dalam maupun di luar kelas, dengan adanya pandemi COVID-19 guru sulit melakukan penilian sikap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan sikap spiritual dan social melalui lembar mu’tabah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analitis dengan sumber guru kelas 3 & 4 dan siswa dengan sample 4 orang. Hasil dari penelitian ini, guru melakukan penilaian sikap pada pembelajaran jarak jauh ini dengan mennggunakan lembar mutaba’ah, dengan adanya lembar mutaba’ah ini guru mampu mengevaluasi kegiatan yang dilakukan siswa di rumah.
Copyrights © 2020