Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol. 1 No. 3 (2021): NOVEMBER : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN

STRATEGI PEMASARAN UKM WEDDING CARD “PAPPERMINT” DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT

Rinawati Zailani (STIKIP Catur Sakti Yogyakarta)
Yekti Nor Pratiwi (STIKIP Catur Sakti Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Suatu usaha tentu ingin tetap mempertahankan bisnis yang dijalani. Salah satu cara mempertahankan bisnis terhadap persaingan yang terus ada yaitu dengan menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan keadaan perusahaan yang dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan suatu metode untuk mengidentifikasi keadaan internal perusahaan dan keadaan eksternal lingkungan yang mempengaruhi proses jalannya usaha bisnis. Analisis internal perusahaan meliputi identifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, sedangkan analisis eksternal meliputi peluang dan ancaman dari luar perusahaan. Riset dilakukan pada suatu usaha bisnis jasa wedding card “PaperMint” yang berada di Jl. Kaliurang km.5. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan wawancara yang kemudian dianalisis yang hasilnya menunjukkan perusahaan terletak pada kuadran I dimana mempunyai kekuatan yang tinggi dan peluang yang besar. Strategi yang digunakan berdasar analisis SWOT tersebut yaitu strategi tumbuh (ekspansi dan progresif) dengan fokus pada satu/dua jasa yang diusahakan, mengembangkan lini produk, dan menjalin kerjasama dengan bisnis terkait.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jimek

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan (JIMEK), ISSN: 2809-9893 online dan ISSN: 2809-9427 cetak. Jurnal JIMEK diterbitkan Amik Veteran Porwokerto, terbit setahun Tiga kali (Maret, Juli dan November) menerapkan proses peer-review dalam memilih artikel berkualitas berdasarkan penelitian ...