Tata Kelola
Vol. 8 No. 2 (2021): Tata Kelola (Juli - Desember)

Pengaruh Current ratio, Return on equity, Earning per share dan Debt To Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Zulkarnain (Mahasiswa Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia)
Mursalim Laekkeng (Universitas Muslim Indonesia, Makassar)
Asdar Djamereng (Universitas Muslim Indonesia, Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh current ratio, Return on equity, Earning per share dan debt to equity ratio terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 18 perusahaan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Teknik purpose sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan selama periode tahun 2015 – 2019, sehingga diperoleh data sebanyak 50 data pengamatan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial current ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung sebesar -2,232 dan signifikan 0,031 < 0,05. Return on equity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung sebesar 0,640 dan signifikan 0,525 > 0,05. Earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung sebesar 5,990 dan signifikan 0,000 < 0,05. Debt to equity ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung sebesar – 2,271 dan signifikan 0,028 < 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tata

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi ini memuat karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian, kajian teoritis dan penerapan teori, gagasan konseptual, resensi buku baru, Daftar Pustaka dan tulisan dari Akademisi dan Praktisi. Artikel/tulisan di bidang Manajemen dan Bisnis meliputi: 1. Manajemen Keuangan 2. Manajemen Pemasaran ...