Journal of Management Sains (JMS)
Vol. 1 No. 1 (2020): Januari - Juni

Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Di Kantor Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) Di Kabupaten Wajo

Sri Wahyuni (Magister Akuntansi, Universitas Muslim Indonesia)
Abdul Rahman Mus (Universitas Muslim Indonesia)
Mahfudnurnajamuddin Mahfudnurnajamuddin (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei dan menyebar kuesioner untuk menganalisis fakta dan data-data yang menunjang keterangan yang diperlukan untuk mendukung pembahasan penelitian. Sedangkan jenis penelitian adalah obsevasional analitik yaitu menganalisis pengaruh kehandalan, ketanggapan, empati, jaminan, dan tampilan fisik terhadap kepuasan peserta JKN-KIS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) di Kabupaten Wajo. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi atau universe yakni jumlah keseluruhan dari unit analisis yang ciri-cirinya akan diduga. Dalam penelitian ini populasi terdiri dari keseluruhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) di Kabupaten Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel kehandalan, ketanggapan, empati, dan jaminan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan peserta JKN-KIS di Kabupaten Wajo, sedangkan Variabel tampilan fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan peserta JKN-KIS di Kabupaten Wajo, artinya tampilan fisik belum mampu meningkatkan secara signifikan kepuasan peserta JKN-KIS di Kabupaten Wajo. This research was conducted using a survey approach and distributing questionnaires to analyze facts and data that support the information needed to support the research discussion. While the type of research is observational analytic, namely analyzing the effect of reliability, responsiveness, empathy, assurance, and physical appearance on the satisfaction of JKN-KIS participants. The purpose of this study was to determine and analyze the effect of the quality of administrative services on the satisfaction of participants in the National Health Insurance (JKN-KIS) in Wajo Regency. The data used are primary data and secondary data. Population or universe, namely the total number of units of analysis whose characteristics will be estimated. In this study the population consisted of the entire National Health Insurance (JKN-KIS) participants in Wajo Regency.The results showed that the variables of reliability, responsiveness, empathy, and assurance had a significant and positive effect on the satisfaction of JKN-KIS participants in Wajo Regency, while the physical appearance variables had no significant effect on the satisfaction of JKN-KIS participants in Wajo Regency, meaning that physical appearance had not been able to improve JKN-KIS participant in Wajo District satisfaction significantly.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jms

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi ini memuat karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian, kajian teoritis dan penerapan teori, gagasan konseptual, resensi buku baru, Daftar Pustaka dan tulisan dari Akademisi dan Praktisi. Artikel/tulisan di bidang Manajemen dan Bisnis meliputi: 1. Manajemen Keuangan 2. Manajemen Pemasaran ...