Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring

Rizka Damaiyanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Hari Satrijono (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Fajar Surya Hutama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Yuni Fitriyah Ningsih (Universitas Jember)
Ridho Alfarisi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Membaca permulaan merupakan aspek penting yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan membaca yang baik, maka mempermudah siswa dalam memperoleh informasi yang tertuang dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca permulaan siswa dan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pada masa pembelajaran daring. Melalui penelitian, diketahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Patrang 01 pada masa pembelajaran daring termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan membaca permulaan dari 28 siswa hanya 2 yang termasuk dalam kategori sangat baik, 5 siswa dengan masuk pada kategori baik, 13 siswa masuk pada kategori cukup, dan 8 siswa masuk pada kategori kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa adalah faktor lingkungan, faktor psikologis, dan faktor intelektual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...