Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas II Sekolah Dasar Tema 3 Tugasku Sehari-Hari

Sri Indah Agustin (Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia)
Yayuk Mardiati (Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia)
Yuni Fitriyah Ningsih (Universitas Jember)
Mutrofin Mutrofin (Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perilaku siswa yang mulai mengikuti era perkembangan zaman, sehingga dikhawatirkan nilai karakter pada diri siswa mulai luntur. Penanaman nilai karakter dapat dikembangkan melalui buku tematik siswa yang diintergrasi beberapa mata pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter pada buku siswa kelas sekolah dasar tema 3 tugasku sehari-hari. Jenis penelitian ini bersifat deksriptif dengan desain kualititatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dengan objek penelitian muatan nilai karakter. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 95 kalimat nilai karakter. Adapun rincinan jumlah nilai karakter yaitu: 20 nilai tanggung jawab, 20 nilai peduli, 10 nilai santun, 10 nilai cinta tanah air, 8 nilai disiplin, 8 nilai percaya diri, 7 nilai religius, 6 nilai mandiri, 4 nilai kreatif, dan 2 nilai jujur. Nilai karakter yang ditemukan tidak merata, nilai yang paling banyak ditemukan nilai tanggung jawab dan peduli. Pendidikan karakter pada diri siswa sejak dini sangat penting untuk menciptakan generasi bangsa yang berkarakter

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...