Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Daring Siswa Kelas IVB Tema 7 di SDN Jember Kidul 04

Sefyn Dwi Candra Nurwahyu (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Suhartiningsih Suhartiningsih (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Zetti Finali (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Fenomena COVID-19 yang muncul di Indonesia mengharuskan belajar di rumah melalui metode pembelajaran dalam jaringan (daring). Aplikasi yang dipakai sebagai sarana diskusi pembelajaran daring di SDN Jember Kidul 04 adalah whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB di SDN Jember Kidul 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena untuk mengetahui nilai pada variabel mandiri yaitu efektivitas penggunaan whatsapp tanpa membandingkan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas IVB SDN Jember Kidul 04 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB tema 7 di SDN Jember Kidul 04 dapat dikatakan efektif diukur menggunakan 3 indikator yaitu intensitas, komunikasi dan kepuasan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...