Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Aktivitas Belajar Peserta Didik yang Mencerminkan Nilai-Nilai Karakter Selama Pembelajaran Daring

Arysma Dwi Nur Mega Putri (Mahasiswa Universitas Jember)
Mutrofin Mutrofin (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Yuni Fitriyah Ningsih (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Coronavirus mengakibatkan pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah dan yang paling tepat menggunakan sistem pembelajaran daring. Pembelajaran dalam jaringan (daring) memanfaatkan jaringan internet melalui berbagai macam aplikasi atau sosial media yang dapat dilakukan menggunakan perangkat seperti Hp (handphone), komputer, tablet, laptop, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mempersentasekan aktivitas belajar yang mencerminkan nilai-nilai karakter selama pembelajaran daring pada peserta didik kelas VI SDN 07 Karangsari Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN 07 Karangsari dengan subjek 15 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Nilai karakter yang dianalisis sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai karakter yang termuat pada aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran daring sebanyak 50 nilai karakter. Frekuensi nilai karakter tidak merata dengan persentase nilai religius 74%, nilai nasionalis 84%, nilai mandiri 73,33%, nilai gotong royong 78% dan nilai integritas 80%. Rata-rata ketercapaian nilai karakter pada aktivitas belajar selama pembelajaran daring yaitu 77,86% termasuk kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...