Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Alih Kode Bahasa Osing Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN II Lemahbangkulon Singojuruh Banyuwangi

Desya Atika Damayanti (PGSD FKIP UNEJ)
Suhartiningsih Suhartiningsih (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia)
Fitria Kurniasih (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi mempunyai fungsi untuk menyampaikan pesan dan informasi. Manusia berinteraksi satu sama lain dan menciptakan banyak bahasa dan seperangat kode dalam komunikasi khususnya pada pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor-faktor terjadinya peristiwa alih kode bahasa osing pada pembelajaran bahasa indonesia tingkat sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis dan praktis dalam meningkatkan pengetahuan dan kajian dibidang ilmu sosiolinguistik dan memberikan pengetahuan kepada guru mengenai deskripsi alih kode. Penelitian ini menggunakanmetode deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara, Observatif dan dokumentasi pada pembelajaran bahasa indonesia. Lokasi penelitian ini di SDN II Lemahbangkulon Singojuruh Kabupaten Banyuwangi khususnya pada proses pembelajaran bahasa indonesia. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa bentuk alih kode bahasa sering digunakan oleh guru dan siswa dalam berinteraksi pada proses pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini terjadi karena kebiasaan guru dan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa osing baik di dalam pembelajaran ataupun dilingkungan sekolah. Kata kumci : Alih kode, Komunikasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...