Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Keefektifan Pembelajaran Daring untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok

Moh. Alif Dio Utomo (SDN Sebaung 01 Probolinggo
Jalan raya Sebaung, Kec. Sebaung,, Kab. Probolinggo)

Mutrofin Mutrofin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Ridho Alfarisi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Masa pandemi Covid-19 ini bisa dikatakan sebagai sebuah peluang dalam dunia pendidikan, baik pemanfaatan teknologi seiring dengan industri 4.0, maupun orangtua sebagai mentor. Harapannya, pasca pandemi Covid-19, guru dan peserta didik menjadi terbiasa dengan sistem saat ini sebagai budaya pembelajaran dalam pendidikan. Penelitaian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran daring melalui Whatsapp dan Zoom Meeting dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Sebaung 1 Kabupaten Probolinggo, serta untuk membandingkan hasil pembelajaran antara laki laki dan perempuan dengan metode daring melalui Whatsapp dan Zoom meeting. Respnden penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Sebaung 1 Probolinggo dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian pretest dan postest menggunakan statitik deskriptif untuk platform Zoom lebih besar dari whatsapp dengan selisih rata rata sebesar 5,31 dan perbedaan hasil belajar berdasarkan gender lebih besar laki laki dari perempuan dengan selisih rata rata sebesar 3,43.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...