Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengembangan Media Audio Visual Materi Makna Garuda Pancasila untuk Siswa Sekolah Dasar

Yuni Fitriyah Ningsih (Universitas Jember)
Safira Wahyu Isnaini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Satrijono Hari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)
Ridho Alfarisi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Media audio visual merupakan media yang menampilkan gabungan suara dan gambar yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan siswa saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini.untuk mengetahui validitas dan.efektivitas dari media audio visual materi makna lambang negara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanganxdengan model.ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,.Evaluation). Penelitian dilaksanakanxdi kelas III SDN Antirogo 01 Jemberxdengan subjek 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan.wawancara, angket, tes hasilnbelajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui lembar validasi, tes hasilxbelajar siswa, dan angket respon siswa..Analisis data hasil penelitian memperoleh skor validasi produk 90,83, tes hasil belajar siswa memperoleh persentase 82,14%, dan angket respon siswa memperoleh persentase 78,57%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut kesimpulannya yaitu media audio visual valid dan efektif untuk.digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...