Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Korelasi Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo

Fikria Hannum Tamarradini (University of Jember)
Chumi Zahroul Fitriyah (Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Univeritas Jember, Indonesia)
Fitria Kurniasih (Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo. Subyek penelitian sebanyak 58 siswa berdasarkan sampel populasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional dan kemampuan bersosialisasi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi siswa sebesar 0,596. Interpretasi koefisien korelasi tersebut berada di kategori sedang, dan kedua variabel terbukti memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Berdasarkan taraf signifikansi 0,05 atau taraf kepercayaan 95% untuk N=58 sebesar 0,259 sedangkan hasil koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,596. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sebab rhitung lebih besar dari rtabel (0,596 > 0,259). Demikian bisa dikatakan bahwa semakin baik kecerdasan emosional siswa maka semakin baik pula kemampuan dalam bersosialisasinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...