Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo. Subyek penelitian sebanyak 58 siswa berdasarkan sampel populasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kecerdasan emosional dan kemampuan bersosialisasi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi siswa sebesar 0,596. Interpretasi koefisien korelasi tersebut berada di kategori sedang, dan kedua variabel terbukti memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Berdasarkan taraf signifikansi 0,05 atau taraf kepercayaan 95% untuk N=58 sebesar 0,259 sedangkan hasil koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,596. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sebab rhitung lebih besar dari rtabel (0,596 > 0,259). Demikian bisa dikatakan bahwa semakin baik kecerdasan emosional siswa maka semakin baik pula kemampuan dalam bersosialisasinya.
Copyrights © 2021