Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 3, No 1 (2013): Januari 2013

PENERAPANPEMBELAJARAN KOOPERATIF KOLABORASI MODEL QUIZ-QUIZ TRADE DANTEAM GAME TOURNAMENTUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KEAKTIFAN BELAJAR DAN SELF ESTEEM

Afian, Affan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2013

Abstract

Quiz-quiz trade dan team game tournamen juga merupakan jenis pembelajaran kooperatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang dengan jumlah mahasiswa 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan pembelajaran kolaborasi ini secara keseluruhan telah berjalan dengan baik;(2) penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkatkan hasil belajar, hal ini terlihat pada peningkatan rata-rata gainscore pada penelitian awal sebesar 32,05, penelitian siklus I sebesar 54,41 dan penelitian siklus II sebesar 58,97; (3) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar, hal ini terlihat pada nilai rata-rata (range 3-15) keaktifan belajar penelitian awal adalah 8,79, penelitian siklus I adalah 13,85 dan siklus II adalah 14,44; (4) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model  quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan self esteem, hasil peningkatan ini terlihat pada rata-rata  (range 1-5) self esteem awal adalah 2,91 dan self esteem akhir adalah 4,852. Hasil uji perbedaan dari self esteem awal dengan self esteem akhir adalah 0,000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif; hasil belajar; keaktifan belajar; self esteem.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...