Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 3 No 1 (2020): EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi)

Karakter Anak Dapat dibentuk Oleh Orang Tua Berkarakter (Studi Kasus pada 8 Keluarga di Desa Kaboro Kecamatan Lambu Kabupaten Bima)

St. Nurbayan (Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP Bima)
Buana Bima Fikri (Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2020

Abstract

Baik dan buruknya karakter anak tergatung sungguh dari karakter orang tuanya karena apa yang dilakukan oleh orang tua, maka itu pula yang dilakukan oleh anak-anaknya. Mula-mula anak meniru cara orang tua berbicara, kata-kata yang biasa dilontarkan oleh orang tua, cara orang tua menyambut tamu, cara orang tua bekerja, cara orang tua menghargai orang lain, cara orang tua bekerjasama dan cara orang tua bersendagurau, dst. Hal itu akan ditiru oleh anak-anaknya secara berulang-ulang sepanjang waktu. Kemudian tertanam dalam kebiasaan anak dan menjadi terbentuk dalam diri anak hingga dewasa. Ketika anak mengenal lingkungannya, maka kebiasaan yang terbentuk tadi, sangat sulit untuk dihilangkan oleh lingkungan baik dalam lingkungan masyarakat maupun lingkungan Sekolah dengan karakter yang baru, itulah sebabnya banyak guru-guru yang sulit mengatur sebagian siswanya, namun ada juga siswa yang dapat diatur, kemudian itu bukan karena hasil pembentukan karakter dari guru-guru tetapi karakter yang telah tebentuk sejak dalam lingkungan keluarga mereka masing-masing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...