ARS: Jurnal Seni Rupa Dan Desain
Vol 25, No 1 (2022): APRIL 2022

Penerapan Teknologi Sterilisasi dan Visualisasi Hologram pada Redesain Furnitur Ruang Publik Komersial

Ratna Puspitasari (Program Studi Desain Produk, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya)
Faza Wahmuda (Program Studi Desain Produk, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Pandemi akibat kasus COVID-19 menyebabkan munculnya standarisasi terhadap protokol kesehatan di ruang publik. Rumah makan merupakan salah satu ruang publik komersial yang perlu mendapatkan perhatian terkait dengan hal tersebut. Beberapa masalah seperti sterilisasi dan social distancing muncul pada fasilitas pelayanan rumah makan. Tujuan penelitian ini adalah membuat alternatif pengembangan desain praktis furnitur rumah makan yang dapat membantu pemenuhan kebutuhan dari segi protokol kesehatan bagi penjual dan pembeli. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan eksplorasi dalam pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan dengan analisis desain dan penerapan teknologi. Hasil produk berupa pengembangan desain furnitur rumah makan yang dilengkapi teknologi visual dan sistem sterilisasi otomatis. Desain ini diharapkan dapat membantu rumah makan dalam memenuhi syarat protokol kesehatan yang ditentukan dan membantu pencegahan virus. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ars

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

ARS merupakan jurnal ilmiah berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan, dan studi pustaka di bidang seni rupa dan desain. Jurnal ini terbit 3 kali setahun dengan 6 artikel setiap edisi yang jatuh pada bulan Januari - April, Mei - Agustus, September - ...