COMMICAST
Vol. 1 No. 1 (2020): March

Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di dusun Kanoman

Aniendhita Paramitha (Public Relations Community Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan  dilatar belakangi bahwa minat baca anak-anak di Dusun Kanoman masih rendah. Keberadaan Komunitas Rumah Baca (RBK) sendiri juga di katakan belum berjalan secara efektif. Hal ini dikarenakan Komunitas Rumah Baca (RBK) belum lama berpindah di Dusun Kanoman, volunter yang over load pekerjaan, dan sebagian besar tidak bisa berbahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi efektif  Komunitas Rumah Baca (RBK) dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di Dusun Kanoman.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan pendekatan deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Rumah Baca (RBK) dikatakan mampu meningkatkan minat baca anak-anak di Dusun Kanoman. Hal ini terbukti bahwa anak-anak mulai berkeinginan untuk membaca dan meminjam buku di komunitas. Komunitas juga menerapkan prisip komunikasi efektif yang disingkat REACH. Ada hambatan yang dialami dari pihak komunitas maupun anak-anak, namun hambatan itu dapat diatasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

commicast

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Commicast is an online, multi-media, academic journal that adheres to the highest standards of peer review and engages established and emerging scholars from anywhere in the world. Commicast is an interdisciplinary journal that, while centered in communication, literature and culture, is open and ...