Jurnal Pewarta Indonesia
Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Pewarta Indonesia

Konvergensi Surat Kabar Harian Riau Pos dalam Persaingan Media Siber

Ramadhani Indah Al Dillah (Jurusan lmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau Jl. Hr. Soebrantas Km 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru – Indonesia)
Yasir Yasir (Jurusan lmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau Jl. Hr. Soebrantas Km 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru – Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2022

Abstract

Konvergensi menjadi langkah mutlak bagi Surat Kabar Haraian Riau Pos untuk dapat mempertahankan eksistensi di tengah ketatnya persaingan media. Media massa harus berjalan beriringan dengan globalisasi dan internet untuk terus bertahan, apalagi di tengah pandemi yang memperparah badai industri media kini.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori Konvergensi Kontinum dari Daily, Demo, Spillman.Hasil penelitian menemukan, Riau Pos telah melaksanakan seluruh tahapan Konvergensi Kontinum.Cross Promotion, Clonning, Coopetition, dan Content Sharing yang dilakukan Riau Pos bersama-sama dengan media di bawah Riau Pos Grup (RPG) dan perusahaan utama yakni Jawa Pos Group (JPG). Dasar dari pelaksanaan konvergensi ini adalah kolaborasi yang saling menonjolkan karakteristik masing-masing platform. Full convergence telah terlaksana meskipun belum sempurna, dengan pengimplementasian 3M yakni Multichannel, Multimedia, dan Multiplatform. Seluruh tahapan konvergensi inilah yang dimaksudkan dalam Teori Konvergensi Kontinum. Dalam mengatur tarif iklan, Riau Pos melakukan adaptasi tarif semenjak adanya website dan media sosial. Selain itu dilakukan pula strategi bina relasi dan seasonal promotion.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL PEWARTA INDONESIA adalah Open Journal berkala ilmiah, diterbitkan oleh Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setiap bulan April dan Oktober tahun berjalan. Jurnal ini dikelola dengan prinsip peer-reviewed dan merupakan wadah bagi para wartawan, peneliti, dosen, serta para ...