Jurnal Pekommas
Vol 17, No 1 (2014): April 2014

Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Menggunakan Teorema Bayes dan Dempster-Shafer

Sisilia Daeng Bakka Mau (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Jl.Ahmad Yani No.50-52, Kupang-NTT, 85225, Telp: (0380)833395)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2014

Abstract

Paper ini membahas penggunaan dua metode sebagai salah satu alat bantu pengambilan keputusan untuk menentukan kelayakan pemberian beasiswa kepada mahasiswa di Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang. UNWIRA merupakan salah satu perguruan tinggi  swasta yang menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang  berekonomi menengah ke bawah. Penentuan pemberian beasiswa di UNWIRA masih mengalami kendala pada proses pengambilan keputusan untuk menentukan mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa karena proses penilaian tidak selalu diputuskan berdasarkan perhitungan yang pasti dan pemberian beasiswa yang belum tepat sasaran, sehingga perlu dibangun sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Proses pengambilan keputusan penentuan pemberian beasiswa ini  menggunakan metode Teorema Bayes dan Dempster-Shafer. Perhitungan kedua metode tersebut dibandingkan untuk mencari hasil yang terbaik yang akan digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan pemberian beasiswa. Hasil dari penggunaan metode tersebut dapat membantu dan mempermudah dalam proses pengambilan keputusan untuk penentuan pemberian beasiswa yang dilakukan secara selektif serta tepat sasaran.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pekommas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pekommas is a journal published by the BBPSDMP Kominfo Makassar with the aim of disseminating information on scientific developments in communication, informatics and mass media. The manuscript published in this journal is derived from research and scientific study conducted by researchers, ...