Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI INDIKATOR PELAYANAN RAWAT INAP BERBASIS WEBSITE DI RUMAH SAKIT

Irpan Ali Rahman (STIKes Muhammadiyah Ciamis)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penggunaan Teknologi Sistem ManajemenĀ  Informasi Rumah SakitĀ  perlu ditingkatkan guna mendorong keberhasilan dalam proses Mutu Pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat, akurat,sehingga dapat digunakan sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan aplikasi Sistem Informasi Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Web kepada Kepala Ruangan di Rumah Sakit, Komite Keperawatan,Bidang Keperawatan, Mutu Keperawatan, Direktur dan Wakil Direktur.Sistem ini memudahkan dalam proses perhitungan data Pasien, rekapitulasi data, nilai ideal (BOR, BTO, TOI, AVLOS, NDR dan GDR) data terintegrasi ini dapat dijadikan sebagai tindak lanjut pengambilan keputusan dan kebijakan oleh manajemen Rumah Sakit. Tahapan dalam menerapkan aplikasi ini meliputi (1) pengamatan masalah, (2) Perancangan Aplikasi, (3) penerapan teknologi, (4) pelatihan mitra dan (5) pendampingan. Hasil penerapan aplikasi Sistem Informasi Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Web yakni dapat meningkatkan kompetensi kepala ruangan dalam dalam peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Selain itu, pihak manajemen dapat dengan mudah melakukan kontroling untuk setiap ruangan dengan menggunakan aplikasi.Kata kunci : Indikator Pelayanan; Sistem Informasi; Rawat Inap; Rumah Sakit

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PAMAS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science

Description

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) dengan E-ISSN : 2685-6301 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan April dan ...