Biospecies
Vol. 6 No. 2 (2013): Juli 2013

Pengaruh Penyemprotan Inhibitor Sintetik Maleic Hydrazide Terhadap Daya Simpan Ubi Jalar (Ipomoea batatas, L. var. Wamena)

Linus Yhani Chrystomo (Unknown)
Maklon Warpur (Unknown)
Aditya Krishar Karim (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2013

Abstract

Ubi jalar (Ipomoea batatas L.var. Wamena) merupakan makanan pokok dan hasil pertanian yang paling besar di Provinsi Papua terutama di distrik Wamena (Jayawijaya). Selain digunakan sebagai makanan pokok secara turun-temurun, ubi jalar juga digunakan sebagai makanan hewan ternak babi dan sebagian lainnya dijual. Penyimpanan ubi jalar secara tradisional dilakukan dengan ditimbun dedaunan yang hanya dapat bertahan selama 1 bulan pada suhu kamar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyemprotan ubi jalan dengan zat penghambat sintetik maleic hydrazide pada konsentrasi 5% memberikan efek yang signifikan dalam menghambat munculnya tunas dan akar . Penggunaan maleic hydrazide pada konsentrasi tersebut dapat memperbaiki masa penyimpanan ubi jalar sampai umur 2,5 bulan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

biospecies

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Biospecies merupakan media komunikasi ilmiah untuk kajian di bidang Biologi. Biospecies terbit dua kali setahun, sejak tahun 2008. Penerbitan dilakukan pada setiap bulan Januari dan ...