Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkanmultimedia mata kuliah Media Pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran, (2)mendeskripsikan kelayakan multimedia yang telah dihasilkan, dan (3) menjelaskan kualitaspembelajaran setelah menggunakan multimedia. 36 Mahasiswa dilibatkan dalam evaluasi formatifyang terbagi dalam uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Evaluasi sumatifmelibatkan 37 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data yang dikumpulkan berasal dariahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes hasilbelajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitianini adalah: (1) multimedia telah dihasilkan melalui lima tahap pengembangan; (2) kelayakan aspekpembelajaran, isi, tampilan, dan teknis dari produk multimedia pembelajaan ini termasuk dalamkategori baik dengan skor berturut-turut 4,05; 4,22; 4,00; dan 4,05; dan (3) produk multimediapembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Media Pembelajaran.Kata-kata kunci: multimedia, kualitas pembelajaran, media pembelajaran
Copyrights © 2010