Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer
Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer

Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Blangko Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Sragen

Suripto, Muhammad Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Abstrak: Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi kependudukan. Dalam pelaksanaan administrasi dibutuhkan blangko kependudukan seperti blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan blanko Pengantar Kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sragen adalah instansi pelaksana administrasi dan penyedia serta pengendali dalam penggunaan blangko tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pencatatan transaksi penerimaan dan pengendalian penggunaan blangko masih menggunakan cara konvensional dimana petugas masih melakukan pencatatan pada buku penerimaan dan buku penggunaan, kemudian direkap secara manual pada buku rekap blangko. Hal ini menyebabkan proses pencatatan membutuhkan waktu lama dan proses pencarian laporan menjadi terlambat. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan sistem informasi yang dapat berfungsi mencatat transaksi penerimaan dan pengendali penggunaan blanko. Tujuan utama dari penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi administrasi blangko. Penelitian ini diharapkan agar memberi kemudahan dalam proses administrasi blangko kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Guna menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian program, dan implementasi program. Kata Kunci: Sistem informasi blangko, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sragen Abstract: Civil administration is a series of structuring and controlling the issuance and registration of population data through, civil registration and population information management. The administration of residence requires blank of National Identity Cards (KTP), Family Card (KK), and intermediary population blank. Department of Population and Civil Registration of Sragen is an implementing agency and provider as well as controller of the use of those blank. Research showed that in recording the transaction and control of the use blanks required in administration are still using conventional procedure which officers are still taking notes on the book of acceptance and the book usage, then manually recapitulated in the book of blank recaps. This has led to a delayed recording process and overdue in file searching process. To overcome this kind of situation, it is necessary to serve the information systems record transactions and controlling the use of blank receipt. The main objective of this research is to make an information administration system. This research is expected to make ease the administration process in the Department of Population and Civil Registration of Sragen. To support this research, the method of data collection is done by literature study, observations, interviews, system analysis, system design, programming, program testing, and program implementation. Keywords: Blank information system, Department of Population and Civil Registration of Sragen

Copyrights © 2013