Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SINGARAJA

M Gozeli Al Hamid (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gede Gunatama (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Ayu Made Darmayanti (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 7 Singaraja ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (2) mendeskripsikan keterampilan siswa berdiskusi melalui penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (3) mendeskripsikan respons siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMPN 7 Singaraja. Objek penelitian ini adalah aktivitas siswa, peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran teks eksplanasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa dan guru terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam berdiskusi dalam kelompok dan membagi hasil diskusinya dengan kelompok lain (2) penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam perbandingan skor rata-rata klasikal, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68,9, siklus I memeroleh skor rata-rata klasikal 73,1, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82,9, (3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran berdiskusi. Dari hasil yang dicapai, bahwa model pembelajaran Carousel Feedback perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk mengobtimalkan proses dan hasil belajar bahasa dan sastra.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...