Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli

Peranan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Putu Gde Agus Juliarta (Universitas Pendidikan Ganesha)
Dewa Nyoman Sudana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Wayan Arini (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dapat menunjukan bahwa guru-guru kelas belum melaksanakan pembelajaran dengan efektif atau belum menerapkan model belajar IPA yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan model team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah enam artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014 sampai 2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu mengidenfitikasi data-data yang diperlukan pada penelitian. Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil secara keseluruhan sebesar 0,992. Hasil tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model team assisted individualization dapat dikategorikan berefek besar 0,992 ≥ 0,8. Sehingga dari hasil tersebut membuktikan bahwa pembelajaran dengan model team assisted individualization memberikan peranan yang bersifat positif bagi hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual, dan dapat mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Implikasi penelitian ini diharapkan siswa dapat aktif belajar baik individu maupun berkelompok guna peningkatan hasil belajarnya dan para guru memberikan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran untuk memberikan proses belajar yang bermakna.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...