Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan belajar siswa yakni dengan menggunakan medai pembelajaran yang interaktif. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui efektifitas aplikasi pembelajaran audio visual berbasis aplikasi zoom pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian, dimana pada tiap-tiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian yakni siswa kelas IV SD yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode test dengan instrumen berupa instrument berupa Lembar Pengamatan Aktivitas Guru, Instrumen Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, dan tes hasil belajar IPS. Data yang diperoleh kemudian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam kelas sebelum diterapkan media pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Zoom dengan materi Sumber Daya Alam rata – rata siswa memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 43,00%. Setelah diberikan tindakan I mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 68,00% pada siklus I. Begitu pula pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,00%. Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual Berbais Aplikasi Zoom dengan materi sumber daya alam secara signifikan mampu meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2022