Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 5 No 1 (2022): Regular Issue

Evaluasi E-learning di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Fahmi Rizal (Unknown)
Unung Vera Wardina (Unknown)
Ambiyar Ambiyar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Belajar secara online dapat menggunakan platform e-learning, konten e-learning haruslah ideal dan sesuai sehingga diperlukan evaluasi penggunaan konten e-learning. Namun gap yang terjadi, konten e-learning belum pernah dievaluasi di lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP). Permasalahan yang dialami dosen tidak menggunakan konten secara maksimal, hanya menggunakan konten upload materi, sedangkan konten yang terkait cara penyajian materi, metode pembelajaran dalam penggunaan e-learning dan konten lainnya tidak digunakan. Tujuan penelitian untuk melakukan perbaikan-perbaikan implementasi e-learning di lingkungan UNP. Metode yang digunakan mixed method dengan penelitian kuantitatif dan kualitatif, model evaluasi CIPP, pengumpulan data menggunakan kuisioner. Berdasarkan temuan disimpulkan bahwa hasil evaluasi CIPP; 1) Context seperti Prinsip, Tujuan, Lingkungan, Kebutuhan. 2). Input seperti Format penyampaian e-learning, Sumberdaya manusia (SDM), Antarmuka E-learning yang Ramah Pengguna dan kualitas layanan. 3) kategori produk yakni Kompetensi Dosen. 4). Kategori proses Interaksi dosen, Metode mengajar. Hasil dari survie diperoleh pada Contexs memiliki rata-rata 77,23, untuk Input rata-rata sebesar 93,99, kemudian pada proses rata-rata 69,73, dan produk 68,25. Sehingga dapat memberikan rekomendasi perbaikan evaluasi implementasie-learning dengan mempertimbangan aspek proses dibagian interaksi, pada aspek produk tentang penilaian hasil belajar, pada aspek input ternyata nilainya tergolong sangat baik, maka dimensi komponen konteks perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Aims and scope: Aims Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan aims to present high-quality and relevant scientific articles in the form of original research results in the field of Technical and Vocational Education and Training. By showcasing the latest teaching techniques, effective instructional ...