Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis
Vol. 1 No. 3 (2021): November : Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis

HARGA DAN CITRA MEREK : KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE

Ahmatang Ahmatang (Fakultas Ekonomi/Jurusan Manajemen, Universitas Borneo Tarakan)
Erick Karunia (Fakultas Ekonomi/Jurusan Manajemen, Universitas Borneo Tarakan)
Vivi Suharni (Fakultas Ekonomi/Jurusan Manajemen, Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

PRICE AND BRAND IMAGE: SMARTPHONE PURCHASE DECISION  This study aims to determine the effect of price and brand image on purchasing decisions. This research uses a quantitative approach with a survey method. The sampling method used is non-probability sampling with the sampling technique using purposive sampling. The sample in this study were the people of Tarakan City who used a Samsung smartphone for at least 3 months with a sample size of 140 respondents. The analytical method used is regression analysis with the help of SPSS version 23. The results of this study indicate that the price variable has a positive effect on consumer purchasing decisions and the brand image variable has a positive effect on consumer purchasing decisions. Keywords : Price, Brand image, Purchase decision    AbstrakHARGA DAN CITRA MEREK : KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONEPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota Tarakan yang menggunakan smartphone merek Samsung minimal 3 bulan dengan jumlah sampel 140 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Kata kunci : Harga, Citra Merek, Keputusan pembelian

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jaem

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis E-ISSN:2809-6487 (Online) / P-ISSN: 2809-655X (print) diterbitkan oleh LPPM AMIK Veteran Purwokerto. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, serta menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan ...