Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Bioterdidik

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pencemaran Lingkungan

Pramudiyanti Pramudiyanti (Biology Education, Universitas Lampung)
Intan Okta Nabilla (Universitas Lampung)
Dina Maulina (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2021

Abstract

This study aims to analyze the effect of discovery learning models on collaboration skills. Samples consisting of two classes, class VII A as the experimental class and VII C as the control class selected by purposive sampling technique. Data on student collaboration skills were obtained from the observation sheets on student collaboration skills assessment which were analyzed descriptively. The results showed that the indicator of collaboration skills that had the highest percentage were collaboration skills with very good criteria (81.25 ± 0.61) while the lowest percentage of indicators of collaboration skills among students was communication (62.5 ± 1.45) with criteria good. The average value of students' collaboration skills in the experimental class (72.64 ± 5.31) is higher than in the control class (62.71 ± 4.96). So, it can be concluded that the discovery learning model assisted by drawing worksheets influences the students' collaboration skills.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan kolaborasi. Sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 peserta didik danVII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi peserta didik diambil dengan menggunakan lembar observasi penilaian keterampilan kolaborasi peserta didik yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keterampilan kolaborasi yang memiliki presentase tertinggi yaitu keterampilan kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik (81,25  ± 0,61) sedangkan presentase indikator keterampilan kolaborasi peserta didik yang terendah adalah komunikasi (62,5 ± 1,45) dengan kriteria baik.  Nilai rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik kelasekperimen (72,64 ± 5,31) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (62,71 ± 4,96). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Kata kunci: discovery learning, keterampilan kolaborasi, lingkungan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...