Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) strategi yang digunakan dalam menerapkan kearifan lokal pada pembelajaran PPKn guna meneguhkan karakter nasionalisme siswa di SMPN 2 Raas; (2) nilai-niali kearifan lokal yang dikembangkan melalui Pembelajaran PPKn dalam upaya meneguhkan karakter nasionalisme siswa di SMPN 2 Raas Kab. Sumenep; dan (3) faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meneguhkan karakter Nasionalisme melaluhi Pembelajaran PPKn berbasis kearifan lokal di SMPN 2 Raas Kab. Sumenep. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Pengumpulan data di lakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan malalui tauladan dari para guru dan menanamkan nilai-nilai secara langsung pada siswa. Bahasa madura halus, dan sosialisai ke wali siswa pada setiap pertemuan (2) Nilai-niali kearifan lokal yang di kembangkan di sekolah yakni adanya pesantren kilat, siswa di wajibkan untuk mengikuti kegiatan tahunan tersebut yang sudah menjadi kewajiban para siswa (3) Faktor pendukung yaitu semua siswa sudah melakukan kebijakan sekolah dengan mentaati aturan yang sudah menjadi program di sekolah, faktor penghambat, kadang ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan budaya sekolah contoh menyanyikan lagu daerah, sering siswa minta izin untuk keluar kelas supaya tidak mengikut kegiatan.Kata kunci: karakter nasionalisme; pembelajaran PPKn; kearifan lokal
Copyrights © 2020