Mempelajari teknik dasar perlu pemahaman yang kuat Maka dari itu penerapan model yang cocok dalam pembelajaran bola voli diharapkan untuk mengatasi problema yang ada dalam proses pembelajaran teknik dasar. Tujuan penelitian ini hendak mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil teknik dasar servis atas bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan one group pretest–posttest design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas X-C SMKS Telematika Indramayu. Sampel berjumlah 30 siswa, sehingga menggunakan teknik sampel jenuh karena populasi tidak lebih dari 30 dan waktu penelitian yaitu selama 2 bulan, jumlah pertemuan 12 kali dengan intensitas 2 pertemuan seminggu. Instrumen penelitian ini adalah Volleyball Skill Test. Teknik analisis data dengan menggunakan t-Test : Paired Sample for Means dengan bantuan microsoft excel. Dari data hasil penelitian yang sudah dilakukan di lapangan didapatkan kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil servis atas bola voli pada siswa SMKS Telematika Indramayu.
Copyrights © 2019