Salah satu masalah sentral yang dihadapi pendidikan jasmani adalah mutu proses belajar dan mengajar itu sendiri, karena pemahaman secara mendalam saja tidak cukup untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani. Untuk itu guru harus meningkatkan mutu pembelajaran dimulai dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, karakteristik siswa, serta materi yang diajarkan. Hal ini dapat tercapai apabila proses yang berlangsung dapat mengembangkan seluruh potensi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan servis backhand bulutangkis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pendekatan kuantitatif. Sampel menggunakan kelas X farmasi SMK Yabujah Segeran Indramayu yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan t-test : paired sample for means. Berdasarkan dari data hasil penelitian, analisis dan pembahasan tentang pembelajaran keterampilan servis backhand dalam permainan bulu tangkis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap keterampilan servis backhand bulutangkis.
Copyrights © 2019