JKJO
Vol. 2 No. 1 (2021): TERBITAN JUNI 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP TEKNIK DASAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Agi Ginanjar (STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu)
Riki Ramadhan (STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani sangat membutuhkan pemberian umpan balik kepada siswa dalam mengikuti proses pembelajarannya, walaupun dilakukan secara konvensional. Sehingga guru perlu memiliki pengalaman mengajar, walaupun secara konvensional harus dapat memberikan umpan balik bagi siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian bertujuan ingin menguji pengaruh model pembelajaran DI terhadap teknik dasar tendangan depan pencak silat siswa MTs. Metode penelitian menggunakan ekperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa MTs disalah satu Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi tahapan gerak dasar tendangan depan pencak silat. Teknik analisis data menggunakan t-test: paired two sample for means. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran DI terhadap teknik dasar tendangan depan pencak silat siswa MTs. Perlu penyelidikan lebih lanjut terkait dengan temuan yang didapat di dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKJO

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang ...