Pembelajaran pendidikan jasmani sangat membutuhkan pemberian umpan balik kepada siswa dalam mengikuti proses pembelajarannya, walaupun dilakukan secara konvensional. Sehingga guru perlu memiliki pengalaman mengajar, walaupun secara konvensional harus dapat memberikan umpan balik bagi siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian bertujuan ingin menguji pengaruh model pembelajaran DI terhadap teknik dasar tendangan depan pencak silat siswa MTs. Metode penelitian menggunakan ekperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa MTs disalah satu Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi tahapan gerak dasar tendangan depan pencak silat. Teknik analisis data menggunakan t-test: paired two sample for means. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran DI terhadap teknik dasar tendangan depan pencak silat siswa MTs. Perlu penyelidikan lebih lanjut terkait dengan temuan yang didapat di dalam penelitian ini.
Copyrights © 2021