Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang
Vol 1, No 1 (2021)

Pengaruh Metode Pembelajaran Mneumonik terhadap Daya Ingat Siswa pada Konsep Protista

Anike Fifilusianty WF (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mila Ermila Hendriyani (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dian Rachmawati (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Metode mneumonik yaitu metode menghafal dengan cara mengambil salah satu bagian kata yang akan dihafal untuk dirancang siswa menjadi susunan kata yang unik dan menjadi suatu kalimat yang familiar. Salah satu kesulitan siswa dalam mempelajari konten biologi adalah menghafal nama atau istilah latin, contohnya yang terkait dengan taksonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mneumonik terhadap daya ingat siswa pada konsep protista di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang, Indonesia. Metode kuasi eksperiment digunakan untuk mengukur variable daya ingat siswa, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik Simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan t test diperoleh nilai thitung 9.124 > ttabel sebesar 2.02. Nilai tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran mneumonik berpengaruh terhadap daya ingat siswa pada konsep protista.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpig

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang publishes research articles in the field of education especially in the Indonesia ...