Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang
Vol 2, No 1 (2022)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII pada Konsep About Public Places melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Nur Indriyani (SMP Negeri 1 Citeureup, Kabupaten Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara pada materi About Public Places melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP negeri di Kabupaten Bogor, Indonesia yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2019 terlaksana selama 3 bulan dikelas VII sebanyak 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris khususnya nilai post-test dari siklus pertama, hingga siklus kedua yakni dari 70 naik menjadi 78, nilai tersebut sudah berada di atas nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Demikian juga pengamatan pembelajaran pun naik dari sikulus satu 70% hingga siklus dua menjadi 81%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpig

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang publishes research articles in the field of education especially in the Indonesia ...