Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang
Vol 1, No 1 (2021)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas IX melalui Model Project Based Learning

Heri Kusnawan (SMP Negeri 1 Citeureup, Kabupaten Bogor)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar seni budaya siswa. Indikator hasil belajar siswa yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah; dapat mengeksplore, mendesain, dan mempublikasikan/memamerkan karya seni musik recorder. Penelitian ini dilakukan di kelas IX di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bogor, Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 2 siklus penelitian, setiap siklus penelitian terdiri dari dua pertemuan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tuntas pada siklus I sebesar 68,75% siswa dengan hasil rata-rata kelas sebesar 76,88 dan hasil belajar siswa tuntas pada siklus II sebesar 87,5% siswa dengan hasil rata rata kelas sebesar 86,9. Dengan demikian pembelajaran dengan model project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi teknik penjarian recorder.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpig

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang publishes research articles in the field of education especially in the Indonesia ...