POROS TEKNIK
Vol. 12 No. 2 (2020)

Perencanaan Ulang Tebal Lapis Perkerasan Jalan Ruas Mabuun - SP. Empat Haruai dengan Menggunakan Metode AASHTO93

Jamaludin Jamaludin (Politeknik Negeri Banjarmasin)
fathurrozi fathurrozi (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Dengan adanya pertumbuhan jumlah lalulintas harian rata-rata (LHR)  yang melintas pada ruas jalan Mabuun - Sp. Empat Haruai, masalah tingkat layanan kapasitas dukung konstruksi perkerasan mengalami penurunan. Berdasarkan permasalahan ini perlu dilakukan perencanaan ulang untuk menghitung tebal lapisan perkerasan berdasarkan jumlah beban lintasan kendaraan yang melintas terhadap karakteristik tanah dasar pada ruas jalan Mabuun - Sp. Empat Haruai ini. Perencanaan ulang tebal lapis konstruksi jalan ini bertujuan agar dapat memberikan layanan selama umur rencana hingga tahun 2032, maka berapakah dimensi yang diperlukan untuk masing-masing lapisan perkerasan, yakni lapis permukaan, lapis pondasi atas, lapis pondasi bawah. Pada perencanaan ini dilakukan pengamatan langsung di lapangan yaitu ruas jalan Mabuun - Sp. Empat Haruai. Analisa perhitungan ulang dilakukan dengan Metode American Assosiation of State Highway and Transportation Officials 1993 (AASHTO93). Dari hasil pembahasan diperoleh faktor pertumbuhan lalulintas (i) 5,668 % pertahun. Pada subgrade diperoleh CBR karakteristik 6,404 %, dengan menggunakan Structural Number (SN) 6, diperoleh D1 lapis permukaan (Surface) 10 cm, D2 lapis pondasi atas (Base) 15 cm, dan D3 lapis pondasi bawah (Sub Base) 61 cm.

Copyrights © 2020