Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 10, No 2 (2022)

Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persegi Panjang Untuk Siswa SMP

Indah Septi Ningsih (Universitas PGRI Palembang)
Destiniar Destiniar (Universitas PGRI Palembang)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Penggunaan bahan ajar maupun media pembelajaran yang tepat dapat menunjang proses pembelajaran sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir, hasil belajar peserta didik dan penguasaan materi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pesegi panjang untuk kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori Sugiyono yang memiliki 10 tahapan yaitu (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba skala kecil, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba skala besar, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh expert review (validator) berdasarkan aspek kelayakan kegrafikan, aspek kelayakan bahasa dan aspek kelayakan penyajian dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 92,3%. E-modul juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 87,2% untuk kelompok kecil (small group), dan e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 86,25%. Jadi pengembangan e-modul berdasarkan tahap pengembangan Sugiyono dinyatakan valid, praktis dan mempunyai efek potensial sehingga produk layak digunakan di dalam proses pembelajaran.  

Copyrights © 2022