Jurnal Bakti Saraswati
Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRATOR FILM KEPAHLAWANAN PADA SISWA KELAS X MIPA 9 SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nita (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
IGA P Tuti Indrawati (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Ni luh Sukanadi (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dengan inspirator film kepahlawanan pada siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun teori-teori yang dipakai acuan dalam penelitian ini adalah (1) pengertian menulis, (2) tujuan menulis, (3) pengertian puisi, (4) pengajaran puisi, (5) jenis puisi, (6) metode puisi, (7) hakikat puisi, (8) langkah-langkah menulis puisi, (9) pengertian metode pembelajaran kontekstual, (10) langkah-langkah metode pembelajaran kontekstual, (11) keunggulan dan kelemahan metode pembelajaran kontekstual, dan(12) media film kepahlawanan sebagai inspirator. Jenis penelitian ini menggunakan prosedur yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) Refleksi.Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa-siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017yang berjumlah 36 orang siswa.Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi,metode tes dan kuesioner.Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Bertitiktolak dari hasil penyajian penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kontekstual dengan inspirator film kepahlawanan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017, hal ini dapat dilihat berdasarkan peningkatan nilai rata-rata tes awal sebesar 4,63,siklus I sebesar 5,83 dan siklus II sebesar 7.00, serta pada siklus III sebesar 8,17. Pada siklus III menunjukkanpencapain KKM 75 telah terpenuhi dan tingkat ketuntasan 100% telah tercapai, (2) dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan pembelajaran kontekstual dengan inspirator film kepahlawanan maka terjadi peningkatan pada nilai rata-rata siswa, dan (3)siswa memberikan respon positif pada objek penelitian, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kontekstual dengan inspirator film kepahlawanan dalam menulis puisi memberikan pengaruhpositif, meningkatkan aktivitas, motivasi, serta hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

baktisaraswati

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bakti Saraswati Berfokus pada publikasi hasil-hasil penelitian, baik penelitian murni maupun terapan dan ulasan (review) penerapan IPTEKS bagi masyarakat, serta pemikiran-pemikiran kritis ...