Dalam makalah ini mendiskusikan mengenai pengembangan fasilitas infrastruktur umum di Komplek Bumi Mas Lestari Perdagangan Banjarmasin yaitu Pembangunan Jalan lingkungan yang secara khusus meninjau bagian tanah dasar dan ketebalan timbunan sirtu. Perhitungan daya dukung tanah dasar mengacu kepada input nilai CBR metode SNI yaitu index dan engineering properties, uji kepadatan tanah standar proctor di laboratorium dan uji CBR Laboratorium. Studi penelitian terhadap tanah dasar yang dibandingkan adalah tanpa dan dengan penggunaan penambahan semen 9% terhadap tanah asli lanau lunak berlempung plastisitas rendah, hasil yang dapat mewakili untuk perbandingan nilai kelayakan subgrade adalah pemenuhan terhadap ketentuan nilai CBR subgrade pada Spesifikasi Umum Bina Marga sebesar minimum 6% pada pelaksanaan timbunan jalan, karena antara nilai CBR tanah dasar asli yang dihasilkan 4% dan setelah distabilisasi menggunakan semen menghasilkan peningkatan 9,8%, tanah dasar telah memenuhi persyaratan dan dapat digunakan menjadi bagian dari konstruksi perkerasan jalan diatasnya sebagai penopang. Abstract This paper discuss infrastucture development of road transportation in Bumi Mas Lestari Housing Compex Construction mainly Road access facility construction mainly for subgrade and embankment of thickness materials. The calculation of theoretical bearing capacity of subgrade based on Standar Nasional Indonesia (SNI), including Proctor Standard and CBR test laboratory.research focus on cement mixing between natural condition of subgrade using 9% cement ratio in silty clayey low plasticity type of soil sample. Conduct Bina Marga Specification of Road Construction, minimum CBR Design is 6% was allowed with 9,8% CBR Design after mixing cement as stabilitation of 4% CBR design before.
Copyrights © 2019