EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2022)

Efektivitas Pembelajaran Grafik Fungsi Trigonometri melalui ELPSA Framework Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa

Liza Rahmah (Unknown)
Rahmah Johar (Universitas Syiah Kuala)
Saminan Saminan (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu materi yang memerlukan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya dalam menentukan kesimpulan tentang karakteristik grafik fungsi kuadrat. Pembelajaran ELPSA memberi kesempatan siswa untuk mengkomunikasikan ide dalam menginterpretasi pengalaman, merepresentasi pengalaman dengan gambar, menyatakan pengalaman dengan simbol dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam berbagai situasi. Representasi visual siswa akan lebih maksimal jika dibantu oleh software salah satunya GeoGebra. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana keefektifan perangkat pembelajaran trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjeknya adalah siswa kelas X pada salah satu SMA di kabupaten Pidie Jaya. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan soal komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa secara keseluruhan 90,3, artinya aktivitas siswa sudah berada pada kategori aktif dan kemampuan komunikasi siswa 80% berada pada kategori baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran grafik fungsi trigonometri melalui ELPSA framework berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa efektif. Kata kunci: Grafik Fungsi Trigonometri, ELPSA Framework, GeoGebra, Komunikasi Matematis, Aktivitas Siswa Abstract: Trigonometry is one of the materials that requires students' mathematical communication skills, especially in determining conclusions about the characteristics of the graph of quadratic functions. ELPSA learning gives students the opportunity to communicate ideas in interpreting experiences, representing experiences with pictures, expressing experiences with symbols and applying their knowledge in various situations. Visual representation of students will be maximized if assisted by software, one of which is GeoGebra. This study aims to see how the effectiveness of trigonometry learning tools through the GeoGebra-assisted ELPSA framework to improve students' mathematical communication. This type of research is an experimental study with the subjects being class X students in one of the high schools in Pidie Jaya district. The instruments used are student activity observation sheets and mathematical communication questions. The data analysis technique uses descriptive analysis. The results of the data analysis showed that the average student activity as a whole was 90.3, meaning that student activity was in the active category and 80% of students' communication skills were in the good and very good categories. Thus, it can be concluded that learning graphs of trigonometric functions through the GeoGebra-assisted ELPSA framework to improve students' mathematical communication effectively. Keywords: Graphs of Trigonometric Functions, ELPSA Framework, GeoGebra, Mathematical Communication, Student Activities

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...